Setelah melalui berbagai pengamatan dan
analisa didalam sistem pemerintahan Desa Bantarjati yang memiliki visi
"Terwujudnya Bantarjati menjadi Desa cerdas dan pintar (Smart Village) yang berdaulat, mandiri,
berkepribadian berbasis teknologi informasi (Transparan & Akuntabel)".
Dan untuk mencapai itu dibutuhkan suatu gagasan atau ide yang tepat salah
satunya adalah Internet Of Think dimana
segala kegiatan dilakukan melalui media internet.
Sistem Informasi dan Pelayanan Desa (SIMPELDES) dibuat menggunakan sistem berbasis website yang dapat diakses semua pihak berdasarkan kepentingannya masing- masing.
Sebagaimana diketahui saat ini banyak
kegiatan yang dapat dikerjakan dimanapun
dan kapanpun melalui perangkat komputer atau melalui internet. Akan tetapi
sarana yang dapat memberi kemudahan tersebut masih belum banyak digunakan
khususnya di lingkungan pemerintah desa.
Berdasarkan analisa yang telah dilakukan kurang lebih selama tiga bulan, ditemukan bahwa kegiatan administrasi dan pelayanan yang ada di lingkungan pemerintah desa sebagian besar masih menggunakan metode manual. Oleh karena itu, diluncurkan inovasi SIMPLEDES yang memudahkan kegiatan pelayanan dan administrasi sehingga lebih efektif dan efisien.
IV.
Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan
1.
Kegiatan Pokok
Kegiatan pokok dari inovasi ini fokus pada memaksimalkan agar setiap unsur yang berkepentingan dapat menggunakan fitur-fitur sistemini secara maksimal.
2.
Rincian Kegiatan
1)
Pelatihan petugas pelayanan desa
2)
Pengarahan petugas support center
3)
Pembaruan data-data
desa
4)
Sosialisasi kepada
masyarakat
5)
Sosialisasi kepada
perusahaan
6)
Sosialisasi kepada lembaga-lembaga desa
7) Sosialisasi penerapan QR Code
Pelaksanaan
kegiatan tersebut dibagi-bagi menjadi beberapa tahapan diantaranya:
1.
Pelatihan Petugas Pelayanan Desa
Kita akan memberikan pelatihan kepada petugas pelayanan
desa bagaimana cara menggunakan sistem tersebut
2.
Pengarahan kepada petugas Support Center
Kita akan memberikan pengarahan kepada petugas untuk
memberikan pelayanan dan tanggapan
secara maksimal atas kritik dan saran yang dikirimkan oleh warga
3.
Pembaruan data-data
desa
Kita akan melaksanakan pembaruan terhadap data-data desa
seperti data penduduk, data sarana, dan prasarana desa. Dengan langsung
menerjunkan tim.
4.
Sosialisasi Kepada
Masyarakat
Kita akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara
masif agar masyarakat secara keseluruhan dapat mengetahui online system yang ada di desa.
5.
Sosialisasi Kepada
Perusahaan
Kita akan memberikan sosialisasi kepada perusahaan untuk turut serta membangun kepercayaan masyarakat dengan memanfaatkan penggunaan SDM dari lingkungan sekitar
6.
Sosialisasi Kepada Lembaga-Lembaga Desa
Kita akan melakukan sosialisasi kepada lembaga-lembaga desa
untuk turut serta dan bergotong-royong untuk menciptakan Desa Bantarjati
menjadi Desa Pintar (Smart Village)
7.
Sosialisasi Penerapan QR Code
Kita akan mensosialisasikan bahwa saat ini berbagai surat yang dikeluarkan pemerintah Desa Bantarjati sudah dilengkapi dengan QR Code yang dapat di periksa keasliannya, untuk menghindari adanya pemalsuan surat.
VI. Sasaran
Semua Masyarakat Desa Bantarjati, Aparatur Pemerintah Desa, Lembaga Desa, dan Perusahaan yang berada di lingkungan Desa Bantarjati.
A.
Tahapan Inovasi
No. |
Tahapan |
Waktu Kegiatan |
Keterangan |
1. |
Analisa |
15 Maret 2020 |
Analisa terhadap sistem berjalan |
2. |
Desain |
29 Maret 2020 |
Perancangan logika dan algoritma program |
3. |
Pembuatan |
02 April 2020 |
Pembuatan kode program |
4. |
Pengujian |
07 Juni 2020 |
Pengujian terhadap fitur program |
5 |
Implementasi |
14 Juni 2020 |
Penerapan program secara online |
6 |
Maintenance
& Update |
15 Juni 2020 sampai seterusnya |
Sosialisasi,
Pelatihan, Perbaikan, Perawatan, dan Perbaruan Sistem |
B.
Pelaksanaan Inovasi
Pelaksanaan inovasi adalah secara berkelanjutan sebagaimana
diketahui bahwasannya suatu sistem informasi dalam hal ini sistem berbasis web
akan selalu
dilakukan update sesuai
dengan kebutuhan pengguna karena tidak ada suatu sistem yang bisa dikatakan
sempurna.
Berikut
gambaran kegiatan terkait inovasi yang akan dilakukan setiap tahunnya mengacu
pada Software Development Life Cycle
(SDLC)
No |
Kegiatan |
Bulan Ke - |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
||
1 |
Analisa Sistem Berjalan |
? |
|
|
|
? |
|
|
|
? |
|
|
|
2 |
Update Sistem |
|
? |
|
|
|
? |
|
|
|
? |
|
|
3 |
Pengujian Sistem Baru |
|
|
? |
|
|
|
? |
|
|
|
? |
|
4 |
Penerapan Sistem Terbaru |
|
|
|
? |
|
|
|
? |
|
|
|
? |
Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan pada setiap tahapan-tahapan sebagaimana disebutkan diatas. Memperhatikan kesesuaian antara hasil dengan perencanaan.
IX. Pencatatan, Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan
1.
Pencatatan dan Pelaporan
Pencatataan pada setiap tahapan yang telah dijalankan dan
perancangan dokumentasi program untuk digunakan sebagai pedoman sistem. Dan
pelaporan dilakukan kepada Kepala Desa apakah kegiatan dan sistem sudah sesuai
dan sejalan dengan Visi Misi.
2.
Evaluasi Kegiatan
Evaluasi dilakukan
berdasarkan tanggapan dari masyarakat dan pihak-pihak terkait yang menggunakan
sistem ini. Sehingga kedepannya akan dicapai suatu sistem yang sesuai dengan
kebutuhan pengguna
|
Bantarjati, 22 Juli 2020 |
Mengetahui, Kepala
Desa Bantarjati |
Penanggung Jawab Program |
SUPENA
JAYA ATMAJA |
HARIYANTO |