.
Garunggang Sampai Cikarae, Wisata Goa di Karst Klapanunggal (Re-Post)

KOMPAS.com - Kawasan karst Klapanunggal di Kabupaten BogorJawa Barat punya potensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata. Pasalnya, di kawasan ini banyak terdapat goa yang dipenuhi ornamen-ornamen dan biota goa yang dapat dilihat. 

Pengunjung goa hanya dari kelompok yang memiliki minat di bidang speologi seperti kelompok pencinta alam dan peneliti. Berdasarkan catatan KPA Linggih Alam, Bandot menyebutkan pengunjung yang bergiat di kawasan karst Klapanunggal berasal dari Jakarta, Bogor, dan Depok. "

Pemilik lahan sekaligus juru kunci Goa Cikarae, Muslih juga menyatakan jika goa-goa di Klapanunggal punya daya tarik wisata tersendiri. Bahkan, ia mengatakan Goa Cikarae telah banyak dikunjungi penggiat goa sejak tahun 1980-an. 

"Yang paling banyak dimasuki orang itu Goa Cidomba, Cikarae, Cikenceng, dan Keraton. Kalau mau dikembangkan jadi kawasan wisata saya tidak masalah," jelas Muslih. 

Kawasan karst Klapanunggal berada tak jauh dari ibukota yakni di wilayah Kabupaten BogorJawa Barat. Goa-goa di Klapanunggal juga berdampingan dengan industri semen lokal.

 

SUMBER : http://travel.kompas.com/read/2015/12/29/161600527/Garunggang.Sampai.Cikarae.Wisata.Goa.di.Karst.Klapanunggal

Agenda Kegiatan