.
Helaran di Kabupaten Bogor

Festival Budaya Daerah (Helaran) dalam memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke 534, di meriahkan oleh penampilan kesenian dan budaya dari sejumlah Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Barat dan 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, di Jl. Raya Tegar Beriman, Cibinong.

Bupati Bogor, Hj.Nurhayanti, mengatakan ia sangat mengapreasiasi festival budaya daerah (Helaran) karena dimunculkan kreatifitas dari setiap Kota/Kabupaten tetangga serta seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, ini bukti perhatian dan komitmen masyarakat Kabupaten Bogor dalam usaha melestarikan budaya dan kesenian, terlebih kondisi masyarakat yang ada di Kabupaten Bogor dan daerah lainnya sering terjadi kekerasan terhadap anak.

Dimana anak menjadi korban atau pelaku, LGBT dan penyalahgunaan Narkoba, maka dengan kesenian dan budaya kita bisa mengajarkan kepada penerus bangsa agar terhindar kepada hal yang negatif.

"Dengan budaya dan kesenian, Persatuan dan Kesatuan akan tetap terjaga dan bagaimana melestarikan budaya, serta kegiatan sosial kepada anak-anak usia dini, agar mereka menjadi generasi emas bangsa Indonesia

Masyarakat Indonesia merupakan suatu masyarakat majemuk yang memiliki keanekaragaman di dalam berbagai aspek kehidupan. Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa, karsa manusia yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang plural maka akan terlihat pula adanya berbagai suku bangsa di Indonesia. Tiap suku bangsa inilah yang kemudian mempunyai ciri khas kebudayaan yang berbeda- beda. Suku Sunda merupakan salah satu suku bangsa yang ada di Jawa. Suku Sunda memiliki kharakteristik yang membedakannya dengan suku lain.Keunikan kharakteristik suku Sunda tercermin dari kebudayaan yang mereka miliki baik dari segi agama, mata pencaharian, kesenian dan lain sebagainya. Suku Sunda adalah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat pulau Jawa, Indonesia.

Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, karena letaknya yang berdekatan dengan ibu kota Negara, maka hampir seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia terdapat di provinsi ini.

 

Agenda Kegiatan