PELAYANAN PENGADUAN INOVASI SIMPELDES

Rasio pengaduan inovasi “Simpeldes” dikelola oleh Desa Bantarsari melalui layanan whatsapp .....................dengan persentase masyarakat yang terlayani 90-100%

 

Pertanyaan 1

Apa itu Simpeldes?

Simpeldesa merupakan singkatan dari Sistem Informasi Manajemen dan Pelayanan Desa ialah aplikasi berbentuk web base atau dashboard yang sudah terintegrasi dalam bentuk Apps untuk memudahkan pelayanan, interaksi administrasi serta usaha desa yang terjadi antara masyarakat dengan pemerinta desa. 

 

 

Pertanyaan 2

Mengapa desa perlu menerapkan sistem informasi desa SID?

Kondisi saat ini, kesenjangan antara peradaban desa dan kota semakin kentara.

Salah satu faktor kesenjangan tersebut terjadi karena sistem informasi yang terputus antara desa ke kota ataupun sebaliknya. SID digunakan sebagai jembatan penghubung. Dimana dari keduanya bisa saling mengontrol, pihak pemerintah jadi tahu begitupun warga desa. Desa membutuhkan perencanaan pembangunan yang akurat, mendorong transparansi dan akuntabilitas. Desa harus mampu mengelola sumber dayanya secara mandiri. Selain itu juga sebagai implementasi dari Undang-undang no 6 tahun 2014 tentang Desa.

 

Pertanyaan 3

Bagaimana kami bisa mengoperasikan aplikasi simpeldes?

Akan ada pelatihan kepada petugas pelayanan desa bagaimana cara menggunakan sistem tersebut, dan akan secara masif akan dilaksanakan sosialisasi ke masyarakat agar dapat mengetahui online system yang ada di desa.

 

Pertanyaan 4

Bagaimana caranya jika saya ingin mengikuti sosialisasi tersebut?

Informasi sosialisasi akan disebarluaskan melalui whatssapp grup dan media sosial lainnya. Dan bagi yang berminat untuk mengikuti sosialisasi dengan datang langsung

 

Pertanyaan 5

Apa manfaat dari Simpeldes?

Kantor desa menjadi lebih efektif dan efisien untuk melakukan tugas dan fungsi mereka dengan baik

 

Pertanyaan 6

Apa  tujuan dibuatnya Simpeldes?

  1. Mendigitalkan proses pelayanan dan administrasi desa.
  2. Mempermudah perangkat desa untuk mengerjakan pelayanan dan administrasi terhadap masyarakat.
  3. Melakukan transparansi komunikasi secara vertikal antara masyarakat dengan pemerintah desa dan publik.
  4. Menambah unit usaha BUMDes atau Badan Usaha Millik Desa
  5. Mengembangkan sistem ekonomi kreatif dari masyarakat desa lewat e-Bisnis Desa sekaligus meningkatkan usaha makro atau mikro masyarakat desa
  6. Menambah Pendapatan Asli Desa yang biasa disebut sebagai PADes
  7. Mempermudah pemerintahan sekaligus lembaga desa untuk memberikan informasi ke seluruh masyarakat desa.

 

Pertanyaan 7

Fitur apa saja yang ada di Simpeldes?

-       Administrasi

Mengerjakan berbagai jenis administrasi pemerintah desa menurut regulasi yang dirancang oleh K/L/D/I di atasnya lewat website atau dashboard. Dimana segala sistem administrasi dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah serta dapat dilakukan melalui sistem online.

-       Ekonomi Desa

Simpeldes dapat memberikan ruang media ke pemerintah desa lewat BumDes guna melakukan usaha dalam bidang e-bisnis untuk pemerintah desa sekaligus masyarakat dalam menggali potensi usaha ekonomi digital. 

-       Pelayanan

Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat desa untuk mengajukan administrasi dari Pemerintah Desa sekaligus layanan masyarakat agar dapat berpartisipasi aktif dalam menyampaikan ide, saran, aspirasi ataupun kritik lewat ponsel android.

 

Pertanyaan 8

Apakah sistem ini mudah diakses?

Sangat mudah

 

Pertanyaan 9

Apakah kami dapat menyampaikan aspirasi melalui sistem ini?

Dapat. Silakan membuka fitur pelayanan

 

Pertanyaan 10

Mengapa saya kesulitan menggunakan aplikasi ini?

Terimakasih telah menghubungi kami, Kami akan segera menghubungi anda untuk mengatasi kesulitan yang anda hadapi